Laman

Minggu, 10 Februari 2013

5 maskapai penguasa penerbangan domestik 2012

Salah satu sektor bisnis di dalam negeri yang seolah tidak terlalu terpengaruh krisis ekonomi dunia adalah penerbangan. Indonesia menjadi pasar yang menggiurkan bagi pelaku bisnis penerbangan.
Terlepas dari perekonomian Indonesia yang semakin membaik, kondisi geografis Indonesia yang berpulau membuat moda transportasi udara menjadi pilihan selain kapal laut.
Pertumbuhan penerbangan nasional mencapai 15-18 persen per tahun. Tentunya, angka ini menunjukkan semakin geliat perkembangan transportasi udara di tengah makin besarnya kelompok kelas menengah yang mencari alternatif transportasi yang cepat.
Indikator lain yang bisa digunakan untuk menunjukkan besarnya potensi pertumbuhan bisnis penerbangan adalah aktivitas di bandara yang semakin ramai dan makin banyaknya volume penerbangan.
Cerahnya masa depan bisnis penerbangan di Indonesia tentu menjadi magnet bagi pelaku bisnis penerbangan. Maskapai penerbangan asing berlomba-lomba masuk ke Indonesia. Sementara maskapai penerbangan nasional beradu strategi memperkuat posisi.
Dibukanya rute-rute penerbangan baru sekaligus membuka peluang persaingan yang semakin ketat untuk menjadi penguasa langit Indonesia. Strategi berebut penumpang pesawat kini makin terbuka.
Pasar penumpang penerbangan domestik masih menjadi dominan. Dari total jumlah penumpang pesawat sepanjang 2012 yang mencapai 72,2 juta orang, jumlah penumpang domestik mencapai 63,6 juta orang.
Data Kementerian Perhubungan menunjukkan, setidaknya ada lima dari 19 maskapai penerbangan berjadwal yang berhasil menguasai pasar penerbangan domestik. Klasemen lima maskapai penerbangan yang menguasai pasar penerbangan domestik tahun 2012 tidak mengalami perubahan dibanding tahun 2011.
Berikut lima maskapai penguasa pasar penerbangan lokal.


1. Lion Air

Lima maskapai penguasa penerbangan domestik 2012
Lion Air dinobatkan sebagai penguasa pasar penerbangan domestik sepanjang 2012.
Kinerja maskapai yang makin ekspansif setelah membeli 100 pesawat boeing ini semakin kinclong. Lion Air tercatat sebagai penguasa pasar penerbangan dalam negeri sepanjang tahun lalu.
Indikatornya, maskapai milik Rusdi Kirana ini paling banyak menerbangkan penumpang domestik. Dari data Kementerian Perhubungan, dari total jumlah penumpang domestik sepanjang 2012 yang mencapai 63,6 juta orang, Lion Air berhasil menerbangkan 23,93 juta penumpang.
Namun, jumlah ini mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Sepanjang 2011, Lion Air berhasil menerbangkan 24,97 juta penumpang untuk penerbangan domestik.


2. Garuda Indonesia

Lima maskapai penguasa penerbangan domestik 2012
Maskapai penerbangan pelat merah Garuda Indonesia, menguntit di belakang Lion Air dari sisi jumlah penumpang rute penerbangan domestik. Garuda Indonesia berada di peringkat kedua penguasa pasar penerbangan lokal.
Sepanjang 2012, maskapai yang dikomandoi oleh Emirsyah Satar ini berhasil menerbangkan 14,07 juta penumpang. Jumlah penumpang rute domestik yang diangkut Garuda Indonesia tahun lalu lebih rendah dibanding 2011 yang mencapai 18,79 juta penumpang.


3. Sriwijaya Air

Lima maskapai penguasa penerbangan domestik 2012
Di peringkat ketiga klasemen penguasa pasar penerbangan domestik 2012, diduduki oleh maskapai penerbangan Sriwijaya Air. Peringkat Sriwijaya Air tidak berubah dari tahun 2011.
Sepanjang 2012, maskapai penerbangan yang berdiri pada November 2003 ini berhasil menerbangkan 8,1 juta penumpang untuk penerbangan domestik. Berbeda dengan Lion Air dan Garuda Indonesia, maskapai penerbangan milik keluarga Lie ini justru mengalami peningkatan jumlah penumpang di 2012 dibandingkan 2011. Tahun 2011, Sriwijaya Air hanya berhasil menerbangkan 7,38 juta.


4. Batavia Air

Lima maskapai penguasa penerbangan domestik 2012
Di peringkat keempat penguasa pasar penerbangan domestik 2012 adalah maskapai penerbangan Batavia Air. Sepanjang tahun lalu, Batavia AIr berhasil menerbangkan 6,01 juta penumpang penerbangan domestik.
Senasib dengan ion Air dan Garuda Indonesia. jumlah penumpang Batavia Air juga mengalami penurunan di 2012 dibanding 2011. Pada 2011, maskapai ini berhasil menerbangkan 6,75 juta penumpang.
Namun, sepak terjang, keperkasaan dan kedigdayaan maskapai penerbangan Batavia Air di langit Indonesia kini tinggal kenangan. Batavia Air memutuskan untuk 'landing' selamanya setelah diputus pailit oleh Pengadilan Niaga Jakarta Pusat beberapa waktu lalu lantaran terjerat utang.


5. Merpati Airlines

Lima maskapai penguasa penerbangan domestik 2012
Merpati Nusantara Airlines menjadi maskapai terakhir di posisi lima besar penguasa pasar penerbangan domestik. Sepanjang 2012, Merpati Airlines hanya mampu menerbangkan 2,11 juta penumpang. Jumlah ini sedikit mengalami penurunan dibanding 2011.
Pada 2011, maskapai penerbangan pelat merah ini mampu mengangkut 2,18 juta penumpang.



Sumber : http://www.merdeka.com/uang/lima-maskapai-penguasa-penerbangan-domestik-2012/merpati-airlines.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar